Tujuh Roh Allah

Kehadiran Roh Allah dapat diidentikakan sebagai obor menyala yang melambangkan akan ketujuh Roh Allah. Roh Allah mampu memberikan fungsinya secara profetik dan penglihatan kepada para nabi. Dalam penglihatannya Yohanes mengatakan :….. Dan dari takhta itu keluar kilat dan bunyi guruh yang menderu, dan tujuh obor menyala-nyala di hadapan takhta itu: itulah ketujuh Roh Allah (Wahyu 4:5).

Tujuh Roh adalah pengembangan Roh Kudus untuk dapat lebih mudah memahaminya diilustrasikan sebagaimana pengembangan dari sebuah lengan yg diperlengkapi dengan jari-jari yang masing mempunyai kekhususannya sendiri. Juga disaat lain dalam pewahyuan Dia dapat terlihat secara prophetik juga sebagai 7 tanduk dan 7 mata dan juga kalau kita melihat di Perjanjian Lama kita membaca bahwa dalam Tabernakel Musa dihadirkan sebagai sebuah kaki dian yang mempunyai tiga pasang lampu yg merupakan perluasan satu lampu yg dipasang ditengahnya.

1. Roh Tuhan

Fungsi dari Roh yang pertama dari ketujuh Roh, yaitu Roh Tuhan terlihat didalam Yesaya 61:1 sebagaimana dinyatakan Tuhan Yesus pada khotbah inagurasinya dibait Allah di Nazareth yang mengatakan : “Roh Tuhan Allah ada padaku oleh karena Tuhan telah mengurapi aku Ia mengutus aku untk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang yg sengsara dan..” .(Luk 4:18-19).

Yesus Kristus dalam pelayananNya berada dalam pengurapan Roh Kudus. “Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa,Dia,yang berjalan berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yg dikuasai iblis,sebab Allah menyertai Dia”.( Kis Ras 10:8).

Kemampuan hamba Tuhan dalam menyampaikan firman Tuhan dengan penuh kuasa tidak dapat dilepaskan dari ketergantungan kepada Roh Kudus. Tanpa Roh Kudus ini maka semua kebenaran kering kerontang dan tidak akan pernah mendarat di tanah yang subur.

2. Roh Hikmat

Hikmat dalam bahasa Ibraninya adalah ‘Chotmah’ yang memiliki arti ‘bertindak dengan bijaksana’ jadi Hikmat adalah kemampuan untuk membuat pilihan-pilihan yg benar,sehingga mampu menjalani kehidupan dgn trampil.

Salomo dan Ayub menyadari betul fungsi hikmat dalam kehidupannya :”Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan” dan “menjauhi kejahatan,itulah akal budi”. (Amsal 9:10-28)

Hikmat akan mengalir didalam diri seorang yang memperoleh perkenananNya, “Kepada orang yg dikenanNya, Ia mengaruniakan hikmat, pengetahuan dan kesukaan” jadi jelas apa yg akan kita dapat bila berkenan dihadapan Allah (Pengk 2:26). Dalam hikmat kita melihat terkandung didalamnya 7 aspek yaitu :

  1. Aspek menaati orangtua (orang tua jasmani dan orangtua rohani) Ams 1:8-9
  2. Aspek menghindari pergaulan buruk- Ams1:10-19.
  3. Mencari hikmat Ams 1:20, 2:22.
  4. Bersikap baik Ams 3:27-35 dan Mat7:12.
  5. Menjaga hatimu Ams 4:23-27
  6. Jangan/tidak berzinah (Ams 5:1-15-23). Amsal mengatakan : “Perempuan yang bijak mendirikan rumahnya, tetapi yg bodoh menruntuhkannya dgn tangannya sendiri”. Sebenarnya Amsal ini berlaku bagi suami atau istri,bila salah seorang berzina maka samasaja mereka meruntuhkan rumahnya dgn tangannya sendiri ( Ams 14:1)
  7. Hikmat mempunyai banyak permukaan sebagaimana berlian, digambarkan seperti AMS 9:1 Hikmat telah mendirikan rumahnya, menegakkan ketujuh tiangnya, memotong ternak sembelihannya, mencampur anggurnya, dan menyediakan hidangannya (Ams 9:1-2).

Disamping hal tersebut hikmat memiliki muatan

  1. Kemurnian
  2. Pendamai
  3. Peramah
  4. Pemurah
  5. Penuh belas kasihan
  6. Tidak memihak dan
  7. Tidak munafik ( Yaku 3:17).

Roh hikmat merupakan syarat utama dalam memimpin jemaat dan Roh Allah yang memanifestasikannya! (Efesus 3:10)

3. Roh Pengertian

Roh pengertian saatu kemamampuan yang berasal dari roh Allah yang mengacu kepada kemampuasn untuk menafsirkann berbagai hal :mimpi dan penglihatan sebagaimana yg diberikan Allah kepada Daniel (Dan 1:17). Mimpi, penglihatan dan perkataan profetik membutuhkan Roh pengertian untuk dapat menafsirkannya dengan tepat. Aspek lain dari pengertian adalah kemampuan untuk menghakimi dan membedakan dalam hal yang berkenaan dengan pemerintahan ( 1 Raj 3:9). Kita perlu berdoa untuk mendapatkan Roh pengertian

4. Roh Nasihat

Seorang konselor yang dibutuhkan oleh gereja saat ini sangat membutuhkan nasehat! Sebab melalui nasehat orang disembuhkan dan dipulihkan! Tuhan Yesus ialah Penasihat ajaib (Yes.9:6). Penasihat berarti sorang pemikir yang berhikmat yang biasanya diandalkan untuk memecahkan berbagai macam masalah pelik, pembimbing dan perlu diingatkan bahwa Roh nasihat itu illahi sekaligus manusiawi. Jika seseorang ingin memberikan nasehat kepada mereka yang sedang terbeban oleh berbagai macam persoalan alangkah bijak bila terlebih dahulu ia berdoa minta pimpinan Roh Allah agar memberikan hikmat untuk mendapatkan Firman yg Tuhan hidupkan (rhema) yg dibutuhkan sebagai jalan keluarnya.

5. Roh Keperkasaan

Roh keperkasaan juga berasal dari Allah yakni suatu kemampuan diatas rata-rata! Bisanya dikaitkan dengan Simson yang mengalahkan singa dan membunuh 1.000 orang dengan rahang keledai dan mengangkat pintu gerbang dengan kekuatan yang luar biasa. Belum lagi ia mengikat 300 ekor anjing hutan dan membakar ladang orang Filistin (Hak14:5-9; 15:14-17). Akhirnya dihari kematiannya dia membunuh 3000 orang seketika dengan merobohkan pilar-pilarnya! Pada Elia juga Tuhan memberi roh seperti itu, ia berlari mendahului kereta kuda raja Ahab, padahal kereta kuda pastilah ditarik oleh kuda kuda yang terbaik. Didalam diri Tuhan Yesus terdapat kekuatan yang melebihi manusia manapun juga sehingga ia mampu menahan cambuk tentara Roma sampai tuntas diatas kayu salib!

6. Roh Pengenalan/ Pengetahuan

Roh ini berfungsi untuk mengetahui apa-apa yg terjadi pada peristiwa masa lalu, sekarang dan akan datang,Tuhan Yesus memiliki urapan ini ketika melihat Natanael dibawa pohon ara (Yoh 1:47-50). Rasul Paulus tidak pernah datang ke kota Kolose, tetapi dia ketahui ketertiban hidup dan keteguhan iman jemaatnya dikota tersebut.Roh pengetahuan beroperasi didalam diri para nabi masa Perjanjian Lama dan para Rasul .. Perjanjian Baru( 2 Tim3:16; 2 Ptr 1:20-21) sehingga mereka yang menulis Alkitab,mereka seakan akan melihat didepan matanya kejadian jauh dimasa lalu dan menuliskannya. Satu contoh yg luar biasa ialah Yesaya menulis Yesaya 13:1 menubuatkan tentang kejatuhan kerajaan Babel jauh sebelum kerajaan itu menjadi kerajaan dunia. Hal yg sama tentu meliputi diri rasul Yohanes yg menulis kitab Wahyu.

7. Roh Takut akan Tuhan

Roh ini yg dicurahkan atas satu bangsa, komunitas atau individu sehingga ada kesadaran diri atas telah melakukan perbuatan dosa dan rasa takut tidak dapat menyenangkan hati Tuhan.Pencurahan Roh takut akan Tuhan ini kita lihat pada era Perjanjian Baru melalui jemaat mula-mula (Kis Ras 5:11-13). Hal ini terus berlaku sampai saat ini bahwa sebuah bangsa dan negara dapat diubahkan apabila menerima lawatan Allah!

Kesimpulan

Gerak kerja Roh Kudus sangat luas dan memasuki setiap lini kehidupan orang percaya. Tidak ada alasan orang percaya untuk gagal sebab Roh Allah memperlengkapi dengan berbagai karunia, kuasa dan semua hal yang dibutuhkan dalam pelayanan. Namun Roh Allah tidak hanya bergerak dalam ruang lingkup gereja dan jemaat tetapi ia juga terlibat dalam kehidupan sehari-hari dalam memberikan nasehat dan kekuatan!

Kemampuan manusia sangat terbatas namun bila seseoran bergantung sepenuhnya atau total surrender kepada Roh Allah maka orang tersebut akan bergerak dalam arena Kuasa Allah sendiri sebab Roh Allah yang akan mengendalikan dan mengatur setiap langkah kehidupan. Sampai kapanpun Roh Kudus tetap

UP TO DATE sangat inspiratif bila menyangkut kebenaran dan kooperatif didalam diri orang percaya sehinga perlu disadari orang percaya harus semakin erat menjalin keintiman bersama Roh Allah dalam setiap gerak, tutur kata dalam tatanan kehidupan ini!

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *