Roh yang Excellent

Sharing Firman oleh Bpk.Jerry Lubis

Firman Tuhan : Daniel 6:1-4

Daniel mampu hidup dengan roh yang luar biasa di tengah-tengah situasi yang tidak biasa.

1. Daniel berada di negeri asing di Babel,Persia bukan negerinya sendiri.Seperti halnya dengan kita,bukan di negeri sendiri tapi di negeri orang lain.Daniel sebagai orang buangan yang memiliki status kurang enak tetapi dia mengalami sesuatu yang luar biasa.

2. Di negeri Media ini seperti Babel,adalah kerajaan yang tidak mengenal Tuhan.Mereka menyembah dewa bahkan rajanya sendiri ingin disembah.Hal ini merupakan atmosfer yang berat bagi Daniel dan dia tidak dapat menemukan Bait Allah di tempat ini.Situasi ini bagi Daniel sangat gelap dan sangat berat.

3. Daniel bekerja disalah satu pemerintahan dan menjadi wakil raja.

Tetapi Daniel mengalami hal yang luar biasa, meskipun dia mengalami situasi yang gelap tetapi dia bisa mengungguli semuanya dan diberi tanggung jawab di tengah pemerintahan dari kerajaan itu. Hal ini terjadi karena campur tangan Tuhan. Daniel menjadi paling unggul dan tidak dipatahkan oleh atmosfer yang gelap.Tuhan mengangkat Daniel di tempat kerjanya .Mengapa?Karena Daniel mempunyai Roh yang Luar Biasa (Dan.6:4).Tidak ada situasi yang tidak dapat kita hadapi apabila kita mempunyai roh yang tepat.

Tuhan memberi roh luar biasa dalam diri kita.

Segelap apapun siatusi yang kita hadapi,kita bisa mengalami terobosan karena kita memiliki roh yang tepat.Karena kita diciptakan memiliki suatu roh yang luar biasa yaitu kita diciptakan segambar dan serupa dengan Allah.Daniel mengetahui bahwa dia mempunyai roh yang luar biasa dan dia dapat mengembangkannya sehingga dia bisa berkembang dan diangkat menjadi pejabat pemerintahan.

Seperti halnya Daniel,demikian juga dalam kehidupan kita, bila kita focus pada masalah yang besar maka kita tidak akan sanggup.Tetapi bukan itu masalahnya.Seperti Goliat,dia tidak mempunyai roh yang tepat sampai muncul seseorang bernama Daud,seorang kecil dan tidak terlatih menjadi tentara,ketika Daud muncul di medan perang,Daud tidak terintimidasi melainkan dia langsung bernubuat mengenai kemenangannya.Roh intimidasi tidak mempengaruhi Daud karena pengurapan roh di dalam Daud adalah tepat.

Apabila kita melihat dari segi fisik Daud dengan ukuran badan yang kecil dan kurangnya pengalaman,maka Daud bisa kalah.Tetapi Daud memenangkan pertandingan ini sangat mudah,dia tidak menggunakan senjata yang besar melainkan hanya menggunakan batu yang licin.Seperti juga dalam kehidupan kita,peperangan akhir jaman semakin berat tetapi apabila kita melihat Daud,dia mengalami kemenangan dengan mudah,langsung terkena.Percayakah kita meskipun peperangan akhir jaman berat tetapi pasti Tuhan akan memberikan kemenangan.

Generasi Yosua menduduki tanah perjanjian artinya ini saatnya kita melihat mujizat-mujizat yang kita nantikan dan saatnya orang benar menduduki bumi.Tujuan Tuhan pada bumi ini adalah menduduki bumi ini.Ketika Yosua mau menduduki tanah perjanjian,ada tembok-tembok yang menutupi (menghalangi),demikian halnya dalam hidup kita,begitu kuat tembok-tembok sekitar kita.Tetapi yang harus kita ingat bahwa Yosua memenangkannya dengan sangat mudah.Yosua taat dan memiliki roh yang tepat yaitu dia mengelilingi tembok dan hari ke 7 bersorak,Tuhan meruntuhkan tembok.Hari-hari ini dunia mengalami kesulitan,inilah sangatnya kita akan mengalami mujizat.

Dalam Yos.5:13-15 menjelaskan bahwa ada pengurapan khusus yang Tuhan kepada Yosua.Tuhan sendiri yang menyatakan diri dengan pengurapan untuk berperang sebagai Panglima Balatentara Tuhan.Sebelum Yosua berhadapan dengan tembok Yerikho,dia berhadapan dengan Tuhan.Harus ada roh yang haus dan lapar akan Tuhan.

Yang kita perlukan untuk mengalami pengurapan dari Tuhan adalah :

1.Spirit of Revival

Kita harus mempunyai rasa haus dalam diri kita akan Tuhan sehingga kita sangat merindukan lawatan Tuhan.Ketika kita berjumpa dengan Tuhan maka tidak ada lagi tembok-tembok Yerikho yang tidak bisa dihancurkan.Bila gereja dilawat Tuhan maka roh kita akan menyala-nyala,excellent,luar biasa.Ketika kita mempunyai spirit of revival maka Tuhan akan melawat kita.

2.Roh yang tepat

Yosua memiliki roh penyembah (spirit of worshiper/intimacy).Penyembahan akan mendatangkan lawatan Tuhan.Kita harus hidup dalam keintiman terlebih dahulu.

3. Spirit of new anointment

Yosua tidak bisa menggunakan pengurapan yang sama seperti Musa.Perlu pengurapan yang baru untuk menghadapi musuh yang baru sehingga musuh yang baru akan runtuh.

Tuhan mau memberikan pengurapan penerobos (spirit of breakthrough) dan Tuhan sudah mempersiapkan pengurapannya untuk meruntuhkan tembok-tembok.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *