Rick Warren: 5 Alat Untuk Memupuk Kedewasaan Rohani

Gereja yang didirikan oleh Rick Warren merupakan salah satu gereja yang paling besar di Amerika Utara dan baru-baru ini di websitenya yang berisi surat kepada para gembala, www.pastors.com beliau menuliskan bahwa sasaran gerejanya untuk tahun-tahun yang mendatang adalah untuk menjadikan Gereja Saddleback yang dipimpinnya menjadi salah satu gereja yang paling dewasa secara rohani.

Rick Warren mengumpamakan pertumbuhan rohani itu sama seperti kita berkebun, sebagaimana kita memerlukan peralatan khusus untuk berkebun, kita juga memerlukan alat-alat tertentu untuk memupuk pertumbuhan rohani di dalam Jemaat. Pertumbuhan tidak terjadi secara otomatis.

Di dalam artikelnya, Rick Warren membagikan lima “alat” yang telah digunakan oleh Gereja Saddleback untuk memupuk kedewasaan rohani di dalam jemaat.

1. Kartu Komitmen

Menurut Rick Warren, gerejanya selalu menggunakan kartu komitmen. Kartu komitmen membantu Jemaat meresponi apa yang telah diajar di dalam khotbah hari Minggu. Kartu komitmen sangat membantu orang untuk memberikan suatu respon. Menurut beliau, kita harus meminta orang untuk memberikan komitmen, jika tidak mereka tidak akan memberikannya. Karena itu, kita bukan saja harus mengajar mereka tentang apa yang harus mereka lakukan tetapi juga meminta mereka untuk melakukannya melalui kartu komitmen yang didesain khusus.

2.   Kelas yang berdasarkan tujuan

Gereja Saddleback juga mengadakan kelas-kelas khusus untuk tujuan tertentu. Menurut beliau kebanyakan orang Kristen mengetahui jauh lebih banyak dari apa yang mereka terapkan. Untuk mengubah itu, diperlukan kursus tertentu yang memfokuskan pada aspek penerapan untuk mencapai tujuan tertentu. Umpamanya di Gereja Saddleback terdapat empat kelas inti yang setiap darinya memfokuskan pada salah satu tujuan gereja: keanggotaan, kedewasaan, pelayanan dan misi.

Lewat kelas-kelas khusus ini, jemaat akan belajar bagaimana menerapkan tujuan Alkitabiah ke dalam kehidupan keseharian mereka. Kursus singkat empat jam itu merupakan sarana untuk menghasilkan orang-orang percaya yang dewasa dan yang hidup sesuai dengan apa yang telah mereka ketahui.

3.   Perjanjian-perjanjian (Covenants)

Setiap anggota akan diminta untuk menandatangani suatu perjanjian di akhir kelas yang diikutinya. Perjanjian atau covenant merupakan bagian yang paling penting dari kursus yang diadakan karena alasan-alasan berikut:

  • Kita menjadi bagian dari obyek komitmen kita
  • Setiap gereja dicirikan oleh apa yang menjadi komitmennya
  • Jemaat mau memberikan komitmen kepada hal yang memiliki arti bagi mereka
  • Jika gereja tidak meminta komitmen dari jemaat, maka komitmen mereka akan diambil oleh orang lain atau hal lain
  • Semakin besar komitmen yang kita minta, semakin besar respon yang akan diberikan

4.  Kelompok-kelompok kecil

Di dalam kelompok kecil, jemaat dapat menjalin hubungan yang diperlukan untuk bertumbuh karena jemaat tidak mungkin dapat bertumbuh sendiri. Di dalam kelompok kecil, jemaat mempunyai kesempatan untuk menerapkan semua aspek kepedulian untuk sesama seperti doa dan kasih bagi sesama. Lewat pergaulan di dalam kelompok yang memfokuskan pada tujuan-tujuan Alkitabiah, anggota dapat menemukan relasi yang berarti, mengembangkan karakter Kristus, menemukan pelayanan mereka dan membagi iman mereka dengan teman-teman. Kelompok kecil merupakan bagian yang utama di dalam rencana pertumbuhan rohani gereja di Saddleback.

5.   Kampanye

Gereja Saddleback juga mengadakan program kampanye untuk pertumbuhan spiritual yang melibatkan seluruh gereja. Tujuan utama adalah untuk memicu pertumbuhan lewat program yang intensif yang memfokuskan pada aspek khusus pertumbuhan spiritual. Contoh-contoh kampanye yang telah dijalankan adalah Tujuan 40 Hari, 50 Hari Iman dan 40 Hari Komunitas. Menurut Pastor Rick, setiap kampanye yang diadakan merupakan pengalaman yang memberikan transformasi bagi gerejanya.

Di dalam suratnya Pastor Rick mengajak setiap gereja yang mau mengalami kedalaman spiritual yang dialami gereja Saddleback untuk menerapkan kelima alat pertumbuhan yang sudah terbukti sangat berkesan untuk pertumbuhan spiritual gerejanya. (Untuk informasi tambahan dapat mengunjungi www.pastors.com)

Sumber : http://www.cahayapengharapan.org/

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *