Mengenal Pribadi Allah (3)

Dalam Saat Teduh Minggu ini, kita akan belajar sifat-sifat Allah. Tujuannya, agar kita sebagai murid Kristus mengenal Pribadi dan sifat-sifat Allah serta memahami maksud dan perintahNya. Jika kita hanya mengenal Allah sebagai Juruselamat atau Jurutolong, maka kita akan selalu berdoa meminta perlindungan Tuhan pada saat kita melakukan aktifitas harian kita. Kita berseru meminta pertolongan Tuhan ketika kita berada dalam kesusahan. Mengapa? Karena kita hanya mengenal Dia sebatas ‘Juruselamat’ saja. Jadi, banyak orang yang kecewa dan menyalahkan Tuhan jika doa dan keinginannya tidak terjadi.
Sejauh manakah Anda mengenal Pribadi Allah? Apakah Anda mengenal Dia sebatas Juruselamat atau mengenal sifat-sifat-Nya yang lain juga? Allah berdaulat untuk menepati janjiNya. Allah kita adalah Allah yang berkuasa. Sudahkah Anda mengenal sifat-sifat Allah? Mari, Kenallah sifat Allah yang semakin dalam selama minggu ini.

Senin 14/03/2011
SANGGUP MENERIMA PERLAKUAN KASAR, CACI MAKI DAN DIKHIANATI
Bacaan Firman Tuhan hari ini : 1 Petrus 2:18-25
M1 (Menerima)
Baca dan renungkanlah 1 Petrus 2:18-25 dengan sikap hati yang LAPAR dan HAUS akan kebenaran. Temukan ayat-ayat yang menyentuh hati dan renungkan ayat tersebut.
M2 (Merenungkan)
1.Apakah yang harus kita lakukan sesuai dengan ayat 18?
2.Mengapa saya harus tunduk bukan saja kepada tuan yang baik, tetapi juga kepada tuan yang bengis? (ayat 21).
3.Apa saja teladan yang dapat saya pelajari dari Yesus? (ayat 22-23).
Banyak orang Kristen atau umat Allah yang menderita penghinaan dari orang-orang yang bukan Kristen. Banyak dari istri-istri dan anak-anak yang menderita luka batin karena caci maki dari suami-suami dan ayah-ayah yang belum bertobat atau yang belum percaya kepada Yesus. Kadangkala orang tualah yang justru menderita karena kelakuan anak-anaknya. Tapi hal yang paling buruk bukanlah kelakuan yang kasar ini, melainkan kepahitan yang masuk ke dalam hati sebagai akibat perbuatan tersebut. Dari Saat Teduh hari ini, kita melihat bahwa Yesuspun mengalami hal yang sama. Yesus adalah Pencipta dan Juruselamat manusia, penuh kasih sayang dan sangat perhatian kepada manusia, namun Ia juga dicaci maki, dikhianati dan diperlakukan seolah-olah penjahat kelas rendahan yang melakukan kejahatan besar. Meski demikian, Yesus tetap mengasihi, mengampuni dan memberkati semua musuh-Nya.
M3. (Melakukan)
1.Apa respon Anda terhadap pencerahan firman hari ini? Sudahkah Anda mengampuni orang yang menghina, mencaci maki dan menghianati Anda?
2.Jika Anda mengalami caci maki dan penghianatan, bagaimana respon Anda?
3.Teladan Yesus apakah yang Anda dapatkan hari ini?
M4. (Membagikan)
Jika Anda pernah mengalami hal yang sama seperti Yesus, ceritakanlah pengalaman Anda kepada orang lain tentang bagaimana Anda meresponinya.
Selasa 15/03/2011
SANGGUP MENGALAMI KEKURANGAN TANPA KELUHAN
Bacaan Firman Tuhan hari ini : Filipi 4:10-20
M1.(Menerima)
Baca dan renungkanlah Filipi 4:10-20 dengan sikap hati yang LAPAR dan HAUS akan kebenaran. Temukan ayat-ayat yang menyentuh hati dan renungkan ayat tersebut.
M2. (Merenungkan)
1.Apakah Anda merasa cukup dengan penghidupan Anda?
2.Apakah yang dikatakan Paulus mengenai hal kekurangan? (ayat 11-12).
3.Teladan dan komitmen apakah yang Anda buat lewat perenungan hari ini?
Perhatikan perkataan Paulus, “Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah BELAJAR mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu apa itu kekurangan dan apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan, maupun dalam hal kekurangan.” Meski memiliki iman besar, tetapi Paulus menderita kekurangan! Jadi, hidup yang kekurangan tidak ada hubungannya dengan kualitas iman. Kesanggupan untuk hidup kekurangan tanpa ketakutan berarti percaya pemeliharaan Allah. Mukjizat ini pernah dialami oleh keluarga Eli Kapitan yang pada suatu saat tidak memiliki makanan, padahal istrinya hamil 7 bulan. Mereka duduk di sekeliling meja makan dan berdoa untuk makan siang, walau tidak ada makanan. Menjelang malam, seseorang mengetuk pintu rumah dan membawa nasi padang plus sejumlah uang di dalam amflop. Allah memenuhi kebutuhan mereka secara mukjizat tepat pada waktunya. Rindukah Anda untuk mengalami pengalaman yang sama?
M3. (Melakukan)
1.Apa respon Anda bila Anda mengalami kekurangan, padahal banyak yang Anda butuhkan?
2.Bila Anda mengetahui anggota sel Anda, teman atau orang lain yang mengalami kekurangan, tindakan apa yang akan Anda lakukan?
M4. (Membagikan)
Ceritakanlah kebenaran-kebenaran baru yang Anda peroleh kepada orang lain.
Rabu 16/03/2011
ALLAH SELALU MENGINGAT JANJINYA
Bacaan Firman Tuhan hari ini : Kejadian 15:1-21 dan 16:1-16
M1.(Menerima)
Baca dan renungkanlah Kejadian 15:1-21 dan 16:1-16 dengan sikap hati yang LAPAR dan HAUS akan kebenaran. Temukan ayat-ayat yang menyentuh hati dan renungkan ayat tersebut,
M2. (Merenungkan)
1.Apa saja yang dijanjikan Allah di ayat-ayat tersebut di atas?
2.Percayakah Anda akan janji-janji Allah?
3.Pada saat janji Tuhan belum digenapi, apa yang kata Sarai kepada Abraham? Apakah yang dilakukan Abraham? Apa akibat dari perbuatan Abrahan tersebut?
Percayakah Anda kepada janji Allah untuk hidup Anda? Pernahkah Anda menuliskan janji-janji Allah dan mencatat apa yang sudah digenapi dan apa yang belum digenapi dalam buku agenda Anda? Apa respon Anda jika janji Allah tersebut belum digenapi? Banyak orang yang menjadi kecewa dan tidak percaya lagi kepada Allah saat mereka belum menerima penggenapan janji Allah dalam hidup mereka. Allah memberikan janji-Nya yang diucapkan berulang-ulang kepada Abaraham bahwa Ia akan memberikan keturunan kepadanya. Tetapi, ketika Abraham menghadapi masa-masa yang sulit dalam hidupnya, justru Sara istrinya yang menyuruh Abaraham untuk mengambil Hagar, hamba Sara untuk menjadi istri Abraham agar mereka memiliki keturunan, sesuai dengan Kejadian 16:2-4. Akibat campur tangan manusia yang mendahului penggenapan janji Allah tersebut adalah ayat 12 dari Kejadian 16. Ismael lahir tapi dampaknya adalah kita harus menanggung sengsara hingga hari ini. Saat ini, jikalau kita menantikan penggenapan janji Allah dalam hidup kita, maka tetaplah setia dan percaya bahwa Allah pasti menggenapkan janji-Nya dengan caranya sendiri. Janganlah mendahului penggenapan janji tersebut dengan cara manusia.
M3. (Melakukan)
Ingatlah kembali janji-janji Allah dalam hidup Anda dan buatlah komitmen untuk percaya kepada Allah. Tetaplah setia menantikan penggenapan janji tersebut
M4. (Membagikan)
Ceritakan kepada orang lain pengalaman penggenapan janji-janji Tuhan dalam hidup Anda.
Kamis 17/03/2011
ALLAH BENCI DOSA, TIDAK KENAL KOMPROMI
Bacaan Firman Tuhan hari ini : Kejadian 3:1-24; 4:1-16
M1.(Menerima)
Baca dan renungkanlah Kejadian 3:1-24; 4:1-16 dengan sikap hati yang LAPAR dan HAUS akan kebenaran. Temukan ayat-ayat yang menyentuh hati dan renungkan ayat tersebut.
M2. (Merenungkan)
1.Mengapa manusia jatuh ke dalam dosa? (Kejadian 3:6).
2.Ketika manusia jatuh ke dalam dosa, apa akibatnya? (Kejadian 4:12-19).
3.Apa yang dilakukan Allah terhadap Kain karena dosa yang dibuatnya? (Kej 4:10-12).
Allah adalah Allah yang Maha Kudus. Sekalipun Allah mengasihi manusia, namun Ia sangat tegas dalam hal dosa. Allah membenci dosa dan akibat dari dosa adalah “hukuman” / disiplin rohani.” Seringkali kita mengenal pribadi Allah yang maha pengasih, penyayang dan selalu melimpahkan anugerah dan kasihNya kepada kita. Tapi, apakah kita mengerti dan mengenal pribadi Allah sebagai Allah yang tidak berkompromi terhadap dosa? Memang Allah adalah Allah yang setia dan adil kepada semua orang yang mengaku dosa, tetapi Allah tidak segan-segan memberikan hukuman / disiplin kepada siapa saja yang melanggar perintahNya. Kita sebagai murid-muridNya, seberapa seringkah kita berkompromi dengan dosa dalam pikiran, perkataan dan perbuatan? Sadarkah kita bahwa pelanggaran sekecil apapun adalah dosa di hadapan Tuhan? Ingatlah bahwa Tuhan tidak kenal kompromi terhadap dosa.
M3. (Melakukan)
1.Pencerahan apa yang saya dapatkan lewat perenungan hari ini?
2.Apa komitmen yang saya buat setelah membaca perenungan hari ini?
M4. (Membagikan)
Ceritakanlah kepada orang lain hasil perenunangan dan komitmen Anda lewat saat teduh hari ini.
Jumat 18/03/2011
ALLAH YANG BERKEHENDAK
Bacaan Firman Tuhan hari ini : Kejadian 22:1-19
M1.(Menerima)
Baca dan renungkanlah Kejadian 22:1-19 dengan sikap hati yang LAPAR dan HAUS akan kebenaran. Temukan ayat-ayat yang menyentuh hati dan renungkan ayat tersebut
M2. (Merenungkan)
1.Hal apakah yang diminta oleh Allah untuk Abraham lakukan? (ayat 2).
2.Apa yang dilakukan oleh Abraham setelah mendengar suara Allah? (ayat 3-10).
3.Apa yang dikatakan Allah kepada Abraham saat Abraham akan mempersembahkan anaknya kepada Tuhan? (ayat 11-12).
Allah BERJANJI kepada Abraham untuk memberikan keturunan kepadanya. Lalu Allah MENGGENAPI janji itu kepada Abraham dengan lahirnya Ishak. Allah MEMINTA Abraham untuk mempersembahkan anaknya dan Allah juga yang MENGHENDAKI agar Abraham tidak membunuh anaknya dalam ayat 12. Jika kita berada di posisi Abraham pada saat itu, hal apakah yang akan kita rasakan? Apakah yang akan kita pikirkan dan lakukan? Ketika Abraham menghadapi situasi yang sangat sulit itu, ia tetap taat dan percaya kepada ALlah. Di satu sisi ia taat kepada Tuhan, tetapi di sisi yang lain ia sangat mengasihi anak satu-satunya yang dijanjikan Allah kepadanya. Abraham mengerti bahwa untuk mengikuti KEHENDAK Allah, maka kita harus taat sepenuhnya. Allah berkata ‘A’ atau ‘B’ dan ia taat kepada perintah Tuhan. Abraham taat TANPA PERTIMBANGAN, PEMIKIRAN BARU atau MENGANALISA perintah Tuhan tersebut. Ia taat.
M3. (Melakukan)
1.Sejauh mana pengertian kita akan ‘ketaatan’ untuk melakukan KEHENDAK Allah?
2.Sudahkah kita melakukan KEHENDAK ALLAH dalam hidup kita, sekalipun TIDAK SEPENDAPAT dengan KEHENDAK ALLAH tersebut?
M4. (Membagikan)
Ceritakanlah pencerahan yang Anda dapat hari ini kepada orang lain.
Sabtu 19/03/2011
ALLAH MAHA KUASA
Bacaan Firman Tuhan hari ini : Matius 9:2-8; 28:18
M1.(Menerima)
Baca dan renungkanlah Matius 9:2-8 dan 28:18 dengan sikap hati yang LAPAR dan HAUS akan kebenaran. Temukan ayat-ayat yang menyentuh hati dan renungkan ayat tersebut
M2. (Merenungkan)
1.Siapakah yang berkuasa di dunia ini? (Matius 9:6).
2.Apakah saya benar-benar percaya bahwa Allah berkuasa atas apapun yang ada di dunia termasuk hidup pribadi saya?
3.Sudahkah dan berapa seringkah saya mengalami kuasa Allah dalam hidup saya?
Apakah kita sungguh-sungguh menyadari bahwa Yesus adalah Allah yang berkuasa? Apa yang telah dilakukan dan dikatakan oleh Yesus benar-benar meyakinkan kita bahwa Dia berkuasa? Percayakah kita bahwa jika kita telah menerima Yesus berarti kita di dalam Dia dan Dia ada di dalam kita? Ataukah kita hanya percaya bahwa Yesus benar-benar berkuasa setelah kita mengalami mukjizat dan pertolongan yang luar biasa dari Dia? Kita perlu sekali untuk mencamkan bunyi Matius 28:18, bahwa, “Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi.” Ini berarti Yesus berkuasa atas apapun di dunia dan di sorga. Ia berkuasa atas apapun di dunia termasuk hidup kita, keluarga kita, pekerjaan kita, pelayanan kita dan orang-orang yang kita kasihi. Jika Tuhan berkuasa, sudah selayaknya Dialah yang mengatur hidup kita sesuai kehendaknya. Bagian kita adalah percaya bahwa semuanya baik bagi kita. Apapun yang terjadi saat ini, kita harus percaya bahwa Allah berkuasa untuk memelihara hidup kita. Kita hanya melakukan bagian kita dan Allah akan melakukan bagian-Nya.
M3. (Melakukan)
1.Sudahkan saya mengijinkan Allah menyalurkan kuasaNya atas seluruh aspek kehidupan saya?
2.Hal apakah yang masih mengganjal dalam hati untuk tidak percaya kepada Tuhan?
M4. (Membagikan)
Ceritakan kuasa Allah yang sudah Anda alami dalam hidup Anda kepada orang lain (keluarga, rekan bisnis, teman kantor, dll)
Minggu 20/03/2011
ALLAH MEMILIH DAN MENYEDIAKAN SEMUANYA
Bacaan Firman Tuhan hari ini : Keluaran 3:1-22
M1.(Menerima)
Baca dan renungkanlah Keluaran 3:1-22 dengan sikap hati yang LAPAR dan HAUS akan kebenaran. Temukan ayat-ayat yang menyentuh hati dan renungkan ayat tersebut
M2. (Merenungkan)
1.Apa yang dikatakan Allah kepada Musa? (ayat 10).
2.Bagaimanakah jawaban Musa kepada Allah? (ayat 11).
3.Apa jawaban Allah untuk menguatkan Musa, bahwa ia dipilih Tuhan? (ayat 14).
Allah memilih Musa untuk memimpin bangsa Israel keluar dari Mesir. Meski Musa memberi banyak alasan kepada Tuhan, namun Tuhan tetap MEMILIH Musa. Tuhan memilih Musa bukan karena kecakapan, potensi atau keahlian yang dimiliki Musa, tapi berdasarkan keputusan-Nya. Setiap orang yang percaya kepada Yesus adalah orang pilihan Tuhan. Kita harus sadar akan hal itu? Seringkali kita beralasan karena segala keterbatasan kita berupa tidak mampu, tidak layak, tidak pandai dan lain-lain. Kita berpikir bahwa alasan keterbatasan kita akan membuat Allah BERUBAH PIKIRAN. Allah memilih kita bukan karena apa yang kita miliki, tetapi semata-mata kasih karunia-Nya. Kita harus sadar bahwa saat kita bersedia meresponi pilihan Allah, maka rencana Allah akan bekerja di dalam kita. Jangan kecewa jika kita harus menghadapi tantangan dan goncangan dalam menjalani proses panggilan Tuhan. Jangan menyalahkan Tuhan atas apa yang kita alami, karena tidak sesuai harapan kita. Tuhan tahu hal yang terbaik atas hidup kita. Percayalah bahwa Allah menyertai kita, karena Dialah yang memilih kita. Jadi, Dia pasti menyediakan segala sesuatu yang kita perlukan.
M3. (Melakukan)
1.Pencerahan apa yang saya dapatkan hari ini?
2.Tulislah hal-hal apa saja yang menghalangi Anda untuk meresponi panggilan Allah dalam hidup Anda. Apa keputusan Anda setelah melakukan perenungan hari ini?
M4.(Membagikan)
Ceritakan hasil perenungan Anda kepada orang lain.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *