Luka Batin : Kebencian dan Akibatnya

Unsur-Unsur Penyebab luka batin antara lain:

1.Peristiwa-peristiwa atau pengalaman-pengalaman yang menyakitkan kita.

Sebagai contoh:

A.    Kurang adanya kasih sayang dari orang tua; disebabkan orang tua meninggal dunia, atau  orang tua pilih kasih diantara sesama adik beradik, atau keluarga yang brantakan/hancur ( broken home), atau orang tua sibuk dengan pekerjaan, kejar karir, dan target, prestasi serta pelayanan dan sebagainya. Hal-hal ini menyababkan anda kurang mendapat kasih sayang dari mereka. Akibatnya jiwa anda terluka, dan terbawa sampai anda dewasa dan tanpa disadari .

B.      Dilukai orang Tua;  umpamanya orang tua sering tidak tepat janji atau ingkar janji, akibatnya si-anak tidak bisa hormat  dengan orang tua, si anak tidak dapat mempercayai lagi orang tuanya, sebab hatinya sudah terluka. Si anak tidak dapat memprotes orang tuanya, ia hanya dapat menyimpan dalam hatinya saja sampai ia menjadi dewasa. Atau juga orang tua yang tidak bertanggung jawab dengan keluarganya. Contohnya orang tua hanya mencari kesenangan sendiri, dengan minuman keras sampai mabuk, berjudi sampai larut malam dan melacurkan diri. Atau ayah/ibu yang sadis jika sedang berkelahi dihadapan anak-anaknya, menyebabkan jiwa anak-anak terluka dan takut melihat kekejaman sang ayah/ibu mereka, maka mereka merasa tidak aman didalam rumah sendiri, akhirnya mereka membenci ayah/ibu dan selanjutnya membenci setiap laki-laki/perempuan dan akibatnya anak-anak mereka terjerumus ke dalam kelompok lesbian dan homoseksual. Atau pendidikan keras/dictator/sadis, menyababkan anak-anak benci dengan orang tua, tidak akan betah dirumah, menjadi pemberontak dan selalu melawan orang tua. Dan jika ia sudah dewasa ia akan melakukan hal yang sama dengan anak-anaknya.

Karena itu sebagai orang tua, perhatikanlah, jangan lukai hati anak-anakmu, bila jiwa mereka terluka maka dampaknya sangat besar dalam hidup mereka dari masa kanak-kanak sampai masa dewasa. Sebagaimana Maleakhi 4:6 berkata bahwa “Maka Ia akan membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati anak-anaknya akan berbalik kepada bapa-bapanya supaya jangan Aku datang memukul bumi sehingga musnah

C. Penolakan; Salah satu hal yang sangat ditakuti manusia adalah perasaan tertolak. Penolakan akan menciptakan kekosongan dalam jiwa seseorang, akhirnya ia akan mencari pelarian dalam bentuk makan makanan yang berlebihan, obat-obatan terlarang, penampilan yang aneh-aneh dan akhirnya gagal dan menimbulkan stess. Perasaan tertolak akan mengakibatkan perasaan tidak dibutuhkan, tidak layak, mengasihi diri sendiri, dan memiliki perasaan negetif dan kebencian yang berlebihan. Oleh sebab itu kita melihat beberapa macam penolakan:

 

Penolakan sejak dalam kandungan:

Hal ini disebabkan karena orang tua belum ingin mempunyai anak atau belum siap menjadi seorang ibu, maka anak ini ditolak, apalagi jika orang tua menggugur anak ini, akibatnya si anak dan ibu nyawa mereka terancam. Dampak sampingan bagi anak adalah merasa tertolak, roh pemberontak akan mengendalikannya, akan ditudungi roh maut, roh celaka, roh bunuh diri atau dibunuh orang. Sebab dalam kandungan ia telah merasa ditolak. Kemudian contoh berikutnya, Si anak lahir tidak seperti diinginkan orang tuanya, yang di inginkan/di rindukanorang tua adalah laki-laki, ternyata yang lahir perempuan dan sebaliknya. Akibatnya si anak terluka, sebab merasa tertolak,  lalu munculnya banci, bencong, atau homo dan lesbian.

Selanjutnya; hamil sebelum menikah, karena pergaulan terlalu bebas dan berani. Akibatnya si anak ini akan merasa tertolak dan biasanya si Ibu atau orang tua ingin menggugurkan anak tersebut, maka ketika anak itu lahir akan membawa benih zinah yang kuat (nafsu seksnya sangat besar). Atau juga keluarga miskin atau ekonomi lemah, sedangkan anak sudah terlalu banyak, maka bayi tersebut akan merasa tertolak. Atau ketika seorang ibu muda sedang mengandung, si suami sedang selingkuh dengan wanita lain, sehingga membuat hati si ibu ini kecewa dan pahit, akibatnya bayi yang ada dalam kandungan si Ibu, ikut mengalami kepahitan dalam hidupnya.

Melalui contoh-contoh diatas,di harapkan dapat memberi pengertian dan pemahaman yang jelas, tentang masalah-masalah yang menyebabkan rumah tangga seseorang tidak mengalami kebahagian. Oleh sebab itu, marilah kita coba mengkaji apa yang dikatakan dalam Maz.139:13-15 yang berbunyi demikian; “Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku dan menenun aku dalam kandungan ibuku. Aku bersyukur kepadaMu oleh karena kejadianku dasyat dan ajaib, dan jiwaku benar-benar menyadarinya … ketika aku dijadikan ditempat yang tersembunyi dan aku direkam dibagian bumi yang paling bawah”

Melalui ayat di atas, dikatakan bahwa apa yang terjadi ketika kita berada dalam kandungan ibu, semua hal yang terjadi baik diluar maupun didalam kandungan dapat direkam oleh si bayi. Hal itu seperti pita rekaman, si bayi akan merekam semua peristiwa yang terjadi diluar,  suasana yang terjadi, suara yang terdengar, peristiwa baik dan buruk. Dengan kata lain, semuanya terekam oleh si bayi. Itu sebabnya jangan heran bila si bayi itu lahir dan bertumbuh menjadi dewasa, akan terlihat dengan jelas sifat atau karakter yang sesuai dengan apa yang terjadi pada saat ia masih didalam kandungan.

Penolakan pada masa Kanak-kanak, kisahnya dapat kita pelajari dalam kitab hakim-hakim 11, yaitu Yefta yang ditolak oleh keluarganya, maka akibatnya ia berkumpul dengan para perampok. Masalah utamanya bukan karena Yefta mau menjadi perampok tetapi karena ia merasa tertolak, itu yang menyebabkan ia mencari lingkungan baru yang dapat menerima dia. Penolakan pada masa kanak-kanak dapat terjadi karena; selalu disalahkan, selalu direndahkan atau diremehkan, diperlakukan tidak adil, dan tidak pernah didengar usulannya, selalu dianggap masih kecil.

Oleh sebab itu, coba kita melihat kembali kebelakang, dan perhatikanlah diri kita sendiri, apakah ada hal-hal diatas yang telah disebut itu, sungguh terjadi dalam kehidupan anda ketika engkau masih dalam kandungan atau pada masa kanak-kanak.

2.Perkataan-perkataan atau penilaian yang menyakitkan kita.

Sering kali perkataan orang lain dapat menyakitkan hati  kita misalnya;  kita difitnah, digossip, dicela/diejek-umpamanya ketika pada masa kanak-kanak mungkin anda sering di ejek sipit, sehingga hal itu menimbulkan kesedihan yang mendalam , akhirnya anda tidak suka pada diri sendiri. Dan selanjutnya bila anda direndahkan- seperti kamu jelek, kamu memang bodoh, atau dibanding-bandingkan dengan orang lain; kamu tidak seperti adikmu, kamu ini apa, kamu cuma menghabiskan uang saja. Semua ini akan sangat menyakitkan hati anda dan sukar untuk dilupakan bahkan akan berubah menjadi dendam dan sakit hati.

Sebagai orang tua Kristen, perlu diketahui bahwa setiap kata yang keluar dari mulut kita, itu harus dipertanggung jawabkannya sebab kata-kata itu mempunyai kuasa yang menghidupan atau mematikan ,atau juga mendorong atau melemahkan. Misalnya ketika Tuhan Yesus ingin makan dari buah pohon ara, tetapi Ia tidak menemukan apa-apa (buah) pada pohon itu, lalu Ia berkata kepada pohon itu, “Engkau tidak akan berbuah lagi untuk selama-lamanya” Dan seketika itu juga keringlah pohon ara itu.Mat.21:19 Marilah kita renungi apa yang di lakukan Tuhan Yesus terhadap pohon ara itu dan selanjutnya  apa yang terjadi,  Firman Tuhan mengatakan dengan jelas bahwa seketika itu juga keringlah pohon ara itu. Oh alangkah dasyatnya dan berbisahnya setiap kata yang keluar dari mulut kita, oleh sebab itu marilah kita perlu menjaganya dengan sebaik-baiknya.

3. Terlalu dimanja orang tua.

Orang tua boleh mengasihi anak-anaknya dengan kasih istimewa, namun perlu dilakukan dengan keadilan, seperti halnya dengan Tuhan, yang mengasihi dengan tidak terbatas namun setiap kesalahan yang kita buat harus dipertanggung jawabkannya. Ada beberapa penyebab yang membuat seseorang itu di manja, seperti anak tunggal, anak bungsu, atau ada nazar dari orang tua. Akibatnya orang tua tidak pernah menegur kesalahannya, ia selalu bergantung kepada orang tuanya, tidak bisa mandiri dalam mengatur hidupnya, akibatnya daya kreativitas dan imajinasinya tidak berkembang dan ia akan mengalami kesulitan bila orang tuanya meninggal dunia. Apabila ia menikah dan pasangan hidupnya tidak memahami atau mengerti jiwa dan kebutuhan yang terbiasa di manjakan, maka dapat berakibat ketidakpuasan dan penyelewengan terjadi. Sedangkan Firman Tuhan sudah jelas mengatakan kepada kita bahwa anak yang dikasihi harus diajar,  Ibr.12: 5-6 …”Hai anakku, jangan anggap enteng didikan Tuhan,  dan jangan putus asa apabila engkau diperingatkanNya; karena Tuhan mengajar orang yang dikasihiNya, dan Ia menyesah orang yang diakuiNya sebagai anak.”

4. Serangan Roh Jahat.

Iblis sering menyerang melalui pikiran, perasaan dan  kehendak kita, yang sebelumnya pernah ditanamkan didalam diri kita yaitu peristiwa-peristiwa masa lalu, sehingga kita menjadi gampang atau mudah tersinggung, cepat marah,  sakit hati, akibatnya kita tidak sanggup melakukan Firman Tuhan dalam hidup kita sehari-hari.

Demikianlah untuk seri yang kedua ini, penulis berharap kiranya artike ini dapat menjadi berkat bagi pembaca dan EDISI SELANJUTNYA/BERIKUTNYA  akan diteruskan dengan LANGAKAH-LANGKAH PENYEMBUHAN DAN BAGAIMANA ANDA MENGETAHUI TELAH DISEMBUHKAN. Puji Tuhan.

 

11 AKIBAT KEBENCIAN

Kita akan melihat “11” kebenaran yang di perkatakan Firman Tuhan tentang orang-orang yang “membenci dan tidak mau mengampuni”akan sesamanya antara lain;

Pertama, Mendatangkan Dosa atau Kutuk: Imamat 19 : 17-18, mengatakan bahwa Janganlah engkau membenci saudaramu di dalamhatimu tetapi engkau harus berterus terang menegur orang sesamamu dan jangan engkau mendatangkan dosa kepada dirimu karena dia. Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang –orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.Artinya bila kita tetap membenci saudara kita didalam hati” maka hal itu tetap mendatangkan dosa kepada diri kita , itulah “KUTUK”.

 

Kedua, “Didalam Kegelapan”: 1Yohanes 2 : 9, “Barangsiapa berkata bahwa ia berada didalam terang tetapi “ia membenci saudaranya, ia berada didalam kegelapan sampai sekarang”

 

Ketiga, Matanya di Butakan Oleh Kegelapan: 1Yohanes 2 : 11, dengan jelas mengatakan bahwa “… Tetapi barangsiapa membenci saudaranya, ia berada didalam kegelapan dan hidup di dalam kegelapan. Ia tidak tahu ke mana ia pergi, karena kegelapan itu telah membutakan matanya.

 

Keempat, Doanya tidak didengar: Markus 11 : 25-26, dengan tegas mengatakan bahwa, “Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang , supaya Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu”

 

Kelima, Dosanya Tidak Di Ampuni: Matius 6 : 14-15, berkata bahwa “Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang , Bapamu yang di sorga akan mengampunikamu juga, tetapi jikalu kamu tidak mau mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.”

 

Keenam, Persembahannya di Tolak: Matius 5 : 23-24, Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmudi atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu didepan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu.”

 

Ketujuh, TimbulAkar Kepahitan: Ibrani 12 : 15, “Jagalah supaya jangan ada seorangpun menjauhkan diri dari kasih karunia Allah, agar jangan tumbuh akar yang pahit yang menimbulkan kerusuhan dan yang mencemarkan banyak orang.”

 

Kedelapan,Pendusta: 1Yohanes 4 : 20-21, “Jikalau seorang berkata: Aku mengasihi Allah” dan ia membenci saudaranya maka ia adalah pendusta, karena barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya yang di lihatnya, tidak mungkin mengasihi Allah, yang tidak di lihatnya. Dan perintah ini kita terima dari Dia: Barangsiapa mengasihi Allah, ia harus juga mengasihi saudaranya.”

 

Kesembilan, Pembunuh: 1Yohanes 3 : 15, Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak adaseorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.”

 

Kesepuluh, Anak-Anak Iblis: 1Yohanes 3 : 10, “Inilah tandanya anak-anak Allah dan anak-anak Iblis: setiap orang yang tidak berbuat kebenaran, tidak berasal dari Allah, demikian juga barangsiapa yang tidak mengasihi saudaranya.”

 

Kesebelas, Tetap Di dalam Maut: 1Yohanes 3 : 14 “Kita tahu, bahwa kita sudah berpindah dari dalam maut ke dalam hidup, yaitu karena kita mengasihi saudara kita. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tetap didalam maut.

 

Lebih lanjut marilah coba kita simak 11 kebenaran diatas yang telah di paparkan Firman Tuhan kepada kita , dan apakah pendapat anda bila masih ada perasaan kebencian dan tidak mau mengampuni seseorang ?Apakah yang akan terjadi dengan hidup anda dan keluarga selanjutnya jika hal-hal tersebut masih mengikat atau membelenggu anda.?Tuhan saja yang tahu hati anda dan Dia dapat melakukan yang terbaik dalam hidupmu jika engkau mau mengampuni. Doa dan harapan saya semoga Roh Kudus akan berbicara lebih dalam lagi di hati anda, supayakebenaran ini sungguh-sungguh menjadi berkat bagi anda.

 

Selanjutnya penulis memberi beberapa saran kepada anda sebagai langkah penyembuhan bagi anda antara lain; Pertama, tahu bahwa Tuhanlah yang memulihkan atau menyembuhkan , sebagaimana pemazmur mengatakan bahwa “Dia yang membentuk hati mereka sekalian …(33:15) ..”Ia menyembuhkan orang-orang yang patah hati dan membalut luka-luka mereka.” (Maz.147:3) dan kemudian Yehezkiel36 : 25-31, mengatakan “ Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu … kamu akan Kuberihati yang baru, dan roh yang baru didalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepada hati yang taat….”

 

Kedua, rindu di pulihkan/Keinginan untuk dipulihkan; Artinya akui dan ceriterakanlah dengan terbuka hati anda dihadapan Tuhan atau pembimbing rohani anda. Minta Tuhan ingatkan apa saja yang pernah anda alami. Ambillah keputusan untuk mengampuniorang yang melukai hati anda. Bila anda berbuat dosa maka jalan keluarnya adalah minta ampun kepada Tuhan, sedangkan untuk luka hati jalan keluarnya adalah mengampuni orang yang melukai hati anda. Berdoalah dan ampunilah orang tersebut, kalau boleh sebutkan namanya serta mengucapkan kata-kata pengampunan bagi orang tersebut dan sebutkan setiap hal yang di lakukannya satu persatu sampai tuntas. Terimalah pemulihan dari Tuhan dengan iman dan izinkanlah Roh Kudus agar Ia dengan leluasa bergerak untuk memulihkan dan membersihkan anda dari luka hati yang ada maka terjadilah pemberesan dalam hidupmu. Dan jangan lupa penghalang-penghalang ini perlu disingkirkan antara lain; tidak mau mengampuni, tidak mau mengampuni sepenuh hati, memperhatikan status benar dan salah serta tidak jujur dan tidak tulus. Menjaga hati untuk mencegah dan memelihara agar batin/hati tidak terluka lagi dengan cara; menjaga persekutuan dengan Tuhan, melalui saat teduh dengan Tuhan, doa pribadi, dan membaca Firman Tuhan. Hidup didalam kontrolan Roh Kudus, melalui pengudusan mata, telinga, pikiran, perasaan, memori, dan memelihara damai sejahtera, kebenaran dan sukacita oleh Roh Kudus. Menjaga hati dan pikiran dari tipu muslihat iblis dengan percaya kepada Allah atas pengampunan dan pertolonganNya. Lakukanlah dengan mengakui dan mengucapkan Firman Tuhan. Terimalah setiap orang dengan segala kelemahan dan kelebihan mereka.

 

Ciri-ciri hati yang sudah dipulihkan/disembuhkan yang diungkapkan oleh Yeh 36 : 26 sebagai berikut ; Jika anda sudah pulih, maka pikiran yang tadinya selalu curigai dan berprasangka buruk, semuanya akan sirna dan mulai dapat melihat segi positif, ketika anda mulai mengenal seseorang, walaupun ia berasal dari latar belakang yang sangat berbeda dengan anda, anda pasti dapat menerima dia dengan hati yang terbuka, tanpa melihat lagi status sosial atau asal usulnya serta sifat yang berbeda dengan anda. Ciri lain jika anda sudah pulih/sembuh, anda akan memperhatikan keperluan orang lain. Jika ia membutuhkan sesuatu maka anda berusaha untuk membantu, dengan menyalurkan berkat bagi yang membutuhkannya. Tidak hanya berkat materi, tetapi terlebih berkat rohani. Orang yang sudah dipulihkan akan gemar bersaksi, menceriterkan kebaikan dan kejaiban Allah. Mulut anda tidak akan pernah berhenti menceriterakan akan apa yang anda sudah alami, bagaimana Yesus sudah memulihkan anda. Dengan kerinduan agar pemulihan yang anda terima dapat dialami orang lain. Tentunya anda akan gemar berdoa, dan memuji dan menyembah Tuhan. Selalu ada kerinduan akan kehadiran Tuhan didalamsegala aspek hidup kita. Sebab ada kebebasan untuk menyembah dan memuji Dia. Anda sendiri akan melihat apa yang sedang terjadi dalam hidupmu baik secara ekonomi maupun secara rohani.. Pasti grafik perjalanan hidup anda selalu menanjak naik dan stabil.Tidak lagi dikalahkan oleh Iblis, tetapi selalu menang dalam peperangan rohani, yang membuat anda bertumbuh dengan pesat

Anda tidak akan menjadi orang yang tidak “self centered” artinya tidak hanya memikirkan diri sendiri, egois, bahkan ada yang terlalu sakit hati, sehingga tidak mau berhubungan dengan siapa pun. Jika anda masih memiliki sikap, “saya kasihan ,”saya adalah orang yang paling termalang didunia, ini artinya anda belum di pulihkan. Tetapi bila hati anda sudah di pulihkan, maka anda akan menjadi orang yang tidak lagi berkata” saya, saya, dan saya” tetapi berbelas kasihan kepada orang lain dengan penuh gairah dan semangat yang menyala-nyala untuk menolong mereka.

Oleh sebab itu penulis menyediakan formulir tes kesembuhan hati ini kepada anda, dengan maksud anda dapat mengisi seluruh pertanyaan yang ada dalam formulir ini dengan jujur dan tulus dihadapan Tuhan. Kemudian setelah selesai anda mengisinya formulir tesebut,(diharapkan seluruh rahasia anda perlu dijaga sendiri, dan tidak perlu diketahui oleh orang lain) lalu anda mengangkatnya dihadapan Tuhan dengan doa pengampunan dan pemulihan agar dalam hidup anda. Setelah doa maka formulir tersebut dibakar atau disobek-sobek sebagai tanda tindakan iman anda bahwa Tuhan Yesus telah memulihkan/menyembuhkan anda dari persoalan tersebut.

 

Inilah formulir tes kesembuhan hati yang perlu di isi dandi print out sajaagar dapat di isi serta dilakukan sebagaimana dianjurkan diatas.

 

1.MASA DALAM KANDUNGAN/TRAUMA.

 

 

Apakah Saudara pernah akan digugurkan waktu masih dalam kandungan?

 

 

Apakah orang tua bernazar tentang kelahiran anda?

 

 

Bila ya, nazar apakah itu?

 

 

 

Apakah anda pernah mengadakan perjanjian darah/perjanjian sehidup semati dengan seseorang?__________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

Apakah pernah anda dikutuki seseorang? Jelaskan dibawah ini!

 

 

Apakah ada pengalaman atau peristiwa yang mengerikan yang terjadi pada kanak-kanak/remaja/dewasa (trauma)?

 

Kecelakan, kematian orang tua/kekasih?

Pemerkosaan?

Diserang orang/Shock/dpresi sesudah operasi?

Perampokan ?

Lain-lain?

 

2.PROBLEM-PROBLEM EMOSIONAL, KONFLIK-KONFLIK DAN KEADAAN-KEADAAN YANG TERJADI DALAM HIDUPMU SEPERTI

 

 

Apakah Anda :

 

Pernah/ingin/berusaha menggugurkan bayi?

 

Anak ke : 1, 2, 3, 4, 5, 6, dst.

 

Bercerai/ingin bercerai

 

Sering bermimpi buruk/cabul dengan beberapa orang

 

Membenci seseorang/orang lain?

 

Ingin/berusaha bunuh diri

 

Banyak hutang?

 

Membenci/menghukum diri sendiri?

 

Suku bergaul dengan orang lain?

 

Selalu gagal dalam usaha?

 

Plin plan dan selalu ragu?

 

Pahithati?

 

Tidak percaya pada diri sendiri?

 

Pendendam?

 

Tidak Muda Percaya?

 

Dikutuki Istri/anak/suami?

 

Mengasihani diri sendiri?

 

Dikuasai oleh Aya/Ibu/istri?

 

Menguasai anak/suami/istri?

 

Terlibat urusan calo/buntut/arisan?

 

Pemarah?

 

Pelupa?

 

Curiga?

 

Sukar mengambil keputusan?

 

Iri Hati?

 

Rendah diri?

 

Sombong?

 

Mudah Terkejut?

 

Cemburu?

 

Sering di pukul suami?

 

Impotensi/frigidity

 

Pemalu?

 

Lain-lain?

 

3.KEBIASAAN-KEBIASAAN YANG MERUGIKAN BAIK YANG SEKARANG MAUPUN YANG DAHULU

 

Pendusta

 

Perokok?

 

Menghujat/memaki-maki?

 

Peminum?

 

Kritik yang berlebihan?

 

Penjudi?

 

Gossip?

 

Mata Keranjang?

 

Cinta Uang?

 

Cepat jatuh cintah?

 

Dorongan Mencuri (Kleptomania)?

 

Gelojo/rakus?

 

Rasa takut terhadap sean, manusia, dan serangga?

 

Tempat gelap, tempat Tinggi?

 

Masa depan, takut di tolak?

 

Lain-lain?

 

 

4.APAKAH ANDA PERNAH MENGGUGURKAN ANAK DALAM KANDUNGAN.

 

Bila ya, mengapa menggugurkan?

 

 

5.SINDROM PENOLAKAN:

 

 

·Apakah hubungan anda di masa kanak-kanak dengan orang tua; baik, tidak baik, dan tidak dekat?

 

 

·Apakah anda merasa minder?

 

 

·Apakah anda merasa sepi dan tidak bahagia di masa remaja?

 

 

·Apakah sulit sekali untuk menerima atau memberi kasih?

 

 

·Apakah sulit sekali bagi anda untuk berkomunikasi dengan pribadi-pribadi yang dekat anda?

 

 

·Apakah anda berasal dari suata keluarga yang angkuh/sombong?

 

 

·Apakah anda sendiri angkuh/sombong?

 

 

 

6.PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG BERKAITAN DENGAN MASALAH MENTAL DAN EMOSIONAL.

 

·Apakah anda selalu khawatir dan was-was?

 

 

·Cepat Putus Asa?

 

 

·Apakah Orang tua anda juga menderita problem ini?

 

 

·Apakah ada seorang anggota keluarga yang pernah menderita tekanan mental?

 

 

·Apakah anda pernah diberi pengobatan oleh psikiater?

 

 

·Pernah anda mendapat shock-treatment?

 

 

·Apakah anda memcapai pendidikan tinggi? (ini diperlukan untuk mengecek apakah anda seorang intelektualisme, humanism. Atau rasionalisme)

 

 

·Apakah anda sering kebingungan secara mental?

 

 

 

·Apakah anda sering melamun atau sering timbul khayalan mental?

 

 

 

7.SEBUTKAN GANGGUAN-GANGGUAN APALAGI YANG ANDA ALAMI YANG TIDAK TERDAPAT DI DALAM DAFTAR PERTANYAAN INI DI ATAS.

 

Sumber:  http://www.gsja.org/

Baca juga:

2 Comments

  1. bpk pdt, bgmana memulihkan hidup sy yg uda 3 kali hancur, sy mencoba bangkit, tapi semakin terpuruk, saya ingin keluar dari keterpurukan saya

    1. 1. Anda perlu pembimbing rohani yang siap mendampingi dan mementor anda
      2. Anda memerlukan komunitas rohani atau sekelompok kecil orang-orang rohani yang akan menjaga dan mensuport anda
      3. Anda memerlukan perjuangan yang terus menerus untuk berubah
      4. Anda perlu intim dan dekat dengan Tuhan untuk memiliki kepekaan hati dalam mendengar dan menangkap pimpinan dan tuntunan Tuhan yang akan membawa hidup anda kepada langkah-langkah pemulihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *