Impartasi Dimensi Profetik

“Akan terjadi pada hari-hari terakhir — demikianlah firman Allah — bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi” (Kis. 2:17)

Ketika Alkitab berkata bahwa pada hari-hari terakhir Tuhan akan mencurahkan Roh-Nya ke atas semua manusia, itu berarti, sebagai orang percaya, kitapun termasuk di dalamnya – tanpa pengecualian. Nubuatan, penglihatan, dan mimpi adalah sarana yang Tuhan pakai untuk berkomunikasi secara profetik. Ketika kita menerima impartasi suatu dimensi/anugerah profetik dalam hidup kita, secara otomatis kitapun akan mulai menerima penglihatan, pesan nubuatan, dan bahkan mimpi yang profetik, dan sebagai akibatnya, kehidupan kita sebagai orang percaya akan menjadi lebih stabil dan kuat dari waktu ke waktu. Di sisi yang lain, kita pun memiliki kemampuan untuk semakin mengenali kehendak dan rencana Tuhan atas hidup kita.

Bagaimana kita dapat mulai mengalami bekerjanya dimensi profetik dalam hidup kita:

1.  Ketika kita berdoa dalam bahasa roh, kita sedang menciptakan atmosfir profetik dalam hidup kita.

Ketika pencurahan Roh terjadi di loteng Yerusalem, seluruh rasul dan orang percaya mulai bangkit dalam kuasa Roh dan mengalami bahwa Roh berbicara melalui mereka. Semakin kita berdoa dalam bahasa roh, semakin kita memperkuat dimensi profetik dalam diri kita. Sementara Anda berdoa dalam bahasa roh, belajarlah untuk mendengarkan kata-kata yang engkau ucapkan, karena pada waktu Anda mendengarkan kata-kata bahasa rohmu, engkau seperti sedang mengkondisikan pikiran dan perasaanmu untuk belajar menyadari bahwa Tuhan sedang berkata-kata di dalam dirimu. Sebagai akibatnya, kesadaran akan hadirat Tuhan mulai terbangun dalam hidupmu.

Sementara Anda berdoa dalam bahasa roh, belajarlah untuk merasakan apakah kerinduan dan pengharapan yang ada di dalam hati Anda bisa terwujud/terilis melalui kata-kata bahasa rohmu. Karena ketika Anda berdoa dalam bahasa roh, sesungguhnya apa yang ada di dalam hatimu sedang dikomunikasikan kepada Bapa di surga.

2.  Ketika dimensi profetik terbangun dalam hidup kita, Tuhan akan lebih leluasa untuk berbicara dalam hidup kita, dan kita sendiri jadi lebih mudah memahami apa yang menjadi isi hati Tuhan dalam hidup kita.

Cara yang paling mudah untuk dapat menerima pesan Tuhan saat kita berdoa dalam bahasa roh adalah melalui sebuah penglihatan rohani. Karena pada saat roh kita sedang aktif, ketika itulah mata rohani kita akan Tuhan bukakan. Ketika mata rohani kita terbuka, kita akan mulai bisa melihat dalam alam roh – Tuhan memberikan penglihatan rohani kepada kita. Karena untuk kita dapat mengetahui apa yang Tuhan sudah sediakan bagi kita di dalam alam roh dan apa yang menjadi isi hati dan rencana Tuhan atas hidup kita, kita tidak bisa melihatnya hanya dengan mata jasmani kita. Ketika kita berdoa dengan meluap-luap dan mata rohani kita mulai terbuka, hal-hal berikut ini akan kita alami:

  • Ketika mata rohani kita terbuka, kita akan mengetahui maksud dan rencana Tuhan dalam hidup kita.

Ketika menghadapi suatu masalah, kita akan dapat dengan mudah mengetahui apa yang menjadi rencana Tuhan di balik masalah yang kita hadapi tersebut. Dengan demikian, kita akan dapat memiliki sikap hati yang benar terhadap masalah tersebut.

  • Ketika mata rohani kita terbuka, kita akan mulai mengetahui anugerah yang Tuhan telah sediakan bagi kita.

Dimensi profetik yang Tuhan curahkan dalam hidup kita akan memampukan kita untuk selalu menyelaraskan frekuensi hidup kita dengan frekuensi yang sama dengan Surga, sehingga apapun yang Surga sediakan bisa kita nikmati, dan apapun yang Surga berikan akan bisa kita terima. Bahkan, ketika dimensi profetik diaktikan dalam hidup kita, kita akan bisa menikmati apa yang seharusnya menjadi masa depan kita, di waktu sekarang. Karena itu, jangan biarkan dimensi profetik ini berlalu begitu saja dalam hidup Anda.

  • Ketika mata rohani kita terbuka, kita akan mulai mengetahui posisi rohani kita yang sekarang dan posisi rohani kita yang seharusnya.

Ketika kita bisa melihat perbedaan antara kondisi roh kita sekarang dan apa yang sesungguhnya Tuhan sudah sediakan bagi kita, kita akan bisa membuat langkah persiapan untuk menempuh perjalanan rohani yang sudah ditetapkan bagi kita. Dengan posisi rohani kita mengalami pertumbuhan, maka pergumulan yang selama ini kita hadapi akan hilang begitu saja. Hidup sehari-hari kitapun akan mengalami perubahan dan kita akan dapat selalu berkemenangan dalam segala hal. Pastikan, peningkatan nyata dalam hidup kita!

  • Ketika mata rohani kita terbuka, ada impartasi roh yang kita terima.

Sebagai akibatnya, apa yang selama ini tidak bisa kita lakukan, kita akan dapat mulai melakukannya, karena ada kemampuan-kemampuan yang tiba-tiba diaktifkan begitu saja dalam hidup kita, hanya karena kita menerima sebuah penglihatan rohani. Impartasi memiliki dua arti yang berbeda: pertama, seperti seorang bayi yang tanpa diajarkan oleh siapapun, tiba-tiba dapat mulai merangkak dan berjalan. Penyebabnya adalah, karena sebagai manusia – meskipun masih bayi – kemampuan untuk merangkak dan berjalan itu sudah ada di dalam dirinya ketika ia dilahirkan, namun belum diaktifkan. Seiring dengan si anak mengalami pertumbuhan, kemampuan itu akan secara tiba-tiba diaktifkan dalam dirinya. Pengertian impartasi yang kedua, kemampuan yang diajarkan, dan kedua pengertian ini sama-sama ilahi.

Seringkali, Tuhan akan berbicara kepada kita melalui sebuah penglihatan rohani. Ketika dalam pikiran kita tiba-tiba seperti muncul suatu gambaran tertentu yang menyerupai gambaran ilustrasi, saya mendorong Anda untuk belajar menangkap gambaran tersebut, karena itulah yang disebut dengan penglihatan rohani. Yang perlu kita lakukan hanyalah belajar mengartikan simbol-simbol/gambar-gambar rohani yang ada dari prinsip-prinsip Alkitab. Dengan kita terus berjalan mengikuti tuntunan Roh, kita akan tahu apa yang menjadi masa depan kita – apa yang Tuhan sudah sediakan bagi kita, dan apa yang harus kita lakukan untuk membuat kita bisa menikmati masa depan kita, sekarang!

Sumber : openheavenministries.

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *