Bagaimana Dipenuhi dengan Roh Kudus

DIPENUHI OLEH ROH KUDUS
V. Bagaimanakah seseorang dapat dipenuhi oleh Roh Kudus?


Kita dipenuhi oleh Roh Kudus dengan iman. Bagaimanakah saudara bisa sungguh-sungguh terima Kristus? Dengan iman. “Sebab karena kasih-karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri.”20 “Kamu telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidupmu tetap di dalam Dia.” 21 Kita menerima Kristus dengan iman. Kita berjalan dengan iman. Segala sesuatu yang kita terima dari Tuhan, sejak kita dilahirkan secara rohani sampai ke ajal kita, adalah dengan iman. Apakah saudara ingin dipenuhi oleh Roh Kudus? Saudara dapat dipenuhi sekarang ini juga, di manapun saudara berada, dengan iman.

 

Saudara tidak perlu meminta pada Tuhan agar memenuhi saudara dengan Roh KudusNya. Saudara tidak usah tawar-menawar dengan Dia, dengan berpuasa atau meratap, atau mengemis-ngemis atau membela diri. Selama waktu yang lama saya pernah berpuasa dan berseru kepada Tuhan agar disempurnakan. Kemudian pada suatu hari saya menemukan di dalam Alkitab bahwa “Orang yang benar akan hidup oleh iman.”22 Kita tidak dapat mencari kesempurnaan Tuhan. Kita mencrimanya dengan iman.

Umpamanya saudara ingin menguangkan cek seharga Rp. 100.000,- Apakah saudara akan pergi ke Bank, di mana saudara mempunyai deposito beberapa juta rupiah, meletakkan cek itu di meja pembayaran, kemudian berlutut, menangis dan mengatakan: “:Oh, Pak Kasir, berikanlah uang saya?” Tidak, itu bukanlah cara saudara menguangkan cek itu. Saudara pergi saja dengan iman, meletakkan cek tersebut pada meja pembayaran dan saudara menunggu uang yang telah menjadi milik saudara. Setelah itu saudara cukup mengucapkan terima kasih kepada kasir lalu pulang.

Berjuta-juta orang Kristen meminta-minta pada Tuhan, seperti yang pernah saya lakukan itu, meminta sesuatu yang telah disediakan – yang sebenarnya tinggal mengambilnya dengan iman. Mereka mencari suatu pengalaman yang berdasarkan emosi mere ka, dan tidak menyadari, bahwa tingkah laku mereka semacam itu adalah penghinaan terhadap Tuhan – suatu penolakan iman. Dengan irnan kita menyukakan bati Tuhan.

Second, be willing to surrender your life totally and irrevocably to our Lord Jesus Christ. Paul admonishes in Romans 12:1,2: “I urge you, brothers, in view of God’s mercy, to offer your bodies as living sacrifices, holy and pleasing to God – which is your spiritual worship. Do not conform any longer to the pat tern of this world, but be transformed by the renewing of your mind. Then you will be able to test and approve what God’s will is – his good, pleasing and perfect will.”

Persiapan Hati

 Walaupun saudara dipenuhi oleh Roh Kudus dengan iman dan hanya dengan imansaja, saudara perlu mengetahui, bahwa beberapa faktor perlu untuk membantu mempersiapkan hati saudara agar dipenuhi oleh Roh Kudus.

 Pertama,  saudara harus berkeinginan untuk hidup berkenan kepada Tuhan. Kita  memiliki  janji Juruselarmat kita. “Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka  akan dipuaskan.”23

Kedua, bersedia untuk menyerahkan hidup saudara kepada Kristus sesuai dengan perintah Tuhan yang dinyatakan di dalam Roma 12 :1,2, “Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasibat kan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.”

Mengakui setiap dosa

 Ketiga, akuilah setiap dosa yang ditunjukkan kepada saudara oleh Roh Kudus dan terimalah penyucian dan pengampunan yang dijanjikan Tuhan dalam I Johanes 1:9, “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”

Jikalau saudara telah berbuat salah terhadap teman saudara atau telah mengambil sesuatu yang bukan milik saudara, Roh Kudus akan memimpin saudara kepada pertobatan untuk mengorekai kesalahan saudara. Jikalau demikian, turutlah Dia atau kalau tidak, saudara akan kehilangan berkatNya. Berkat-berkat dari kepenuhan Roh Allah hanya diberikan kepada mereka yang bersedia mengikut Dia.

Yesus berjanji: “Barangsiapa memegang perintahKu dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi

Aku, ia akan dikasihi oleh BapaKu dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diriKu kepadanya. “24

Sekali lagi, kita dipenuhi oleh Roh Kudus, bukan karena kita ingin dipenuhi, atau kita mengakui dosa-dosa kita atau mempersembahkan hidup kita sebagai korban yang hidup – kita dipenuhi hanya oleh iman. Hal-hal ini hanyalah faktor-faktor yang membantu mempersiapkan kita bagi kepenuhan Roh Kudus oleh iman.

Perintah  dan  janji

    Ada dua kata yang sangat penting untuk diingat. Yang pertama adalah perintah. Di dalam Efesus 5:18 Tuhan memerintahkan kita agar dipenuhi: “Janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa-nafsu, tetapi hendaklah kaffiu penuh dengan Roh. ” Jikalau tidak dipenuhi, tidak dipimpin dan tidak dikuasai, berarti tidak menurut. Kata yang lain adalah janji – sebuah janji yang memungkinkan perintah itu: “Dan inilah keberanian percaya kita kepadaNya, yaitu bahwa Ia rnengabulkan doa kita, jikalau kita meminta sesuatu kepadaNya rnenurut kehendakNya. Dan jikalau kita tahu, bahwa Ia mengabulkan apa saja yang kita minta, maka kita juga tahu, bahwa kita telah memperoleh segala sesuatu yang telah kita minta kepadaNya. “25

 

Nah, apakah Allah berkehendak agar saudara dipenuhi dan dipimpin oleh Roh Kudus? Tentu, itu adalah kehendakNya – karena itu adalah perintahNya! Oleh sebab itu mulai saat ini saudara dapat meminta Roh Kudus untuk memenuhi saudara – bukan karena saudara patut dipenuhi, tetapi berdasarkan atas janjiNya.

Jikalau saudara sudah sungguh-sungguh terima Kristus, Roh Kudus telah berada di dalam saudara. Oleh sebab itu, saudara tidak perlu lain kali mengundang Dia untuk datang ke dalam hidup saudara. Ini sudah terjadi pada waktu saudara menerima Kristus di mana Yesus berjanji, bahwa Dia tidak akan meninggalkan saudara.26 Pada saat saudara menerima Kristus, Roh Kudus juga membaptiskan saudara ke dalam tubuh Kristus. Di dalam I Korintus 12:13 Paulus menerangkan: “Sebab dalam satu Roh kita semua telah dibaptis menjadi satu tubuh.”

Roh Kudus datang untuk tinggal,dalam. hati kita hanya sekali saja; hanya ada satu kelahiran baru dalam Roh dan satu baptisan dalam Roh. Semua ini terjadi pada waktu saudara menerima Kristus. Tetapi, dipenuhi oleh Roh Kudus bukanlah merupakan pengalaman yang terjadi hanya sekali saja. Ada banyak kesempatan seperti yang diterangkan di dalam Efesus 5:18. Di dalam bahasa Yunani di mana perintah ini ditulis secara aslinya, artinya lebih jelas daripada yang sudah diterjemahkan. Perintah Tuhan ini dimaksudkan agar kita tetap dan selamanya dipenuhi, dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus – sebagai suatu cara hidup.

Sebenarnya saudara tidak usah berdoa agar dipenuhi oleh Roh Kudus, karena tidak ada ayat Alkitab yang mengajarkan kepada kita untuk berdoa agar dipenuhi oleh Roh Kudus. Kita dipenuhi dengan iman. Tetapi, karena obyek iman kita adalah Tuhan dan FirmanNya, kita berdoa untuk dipenuhi oleh Roh sebagai suatu pernyataan iman kita kepada perintah Tuhan dan janjiNya. Kita dipenuhi bukan sebab kita berdoa, tetapi sebab oleh iman kita percaya, bahwa Tuhan memenuhi kita dengan RohNya.

Saya merasa sangat lega, ketika pada suatu hari saya membaca dalam Roma fatsal 8: “Sebab keinginan daging adalah perseteruan dengan Allah, karena ia tidak takluk pada hukum Allah; hal ini memang tidak mungkin baginya.”27 Saya telah mencoba untuk membuat diri saya sendiri cukup baik agar berkenan kepada Allah, dan hal itu tidak mungkin. Alkitab mengatakan: “Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu”.28 Oleh sebab itu saya tidak dapat berharap untuk membuat diri saya sendiri baik sehingga berkenan kepada Allah. Jalan satu-satunya agar saya diperkenan Allah ialah melalui iman. Paulus membicarakan konsep ini di dalam suratnya kepada orang Galatia: “Aku telah disalibkan dengan Kristus; namun aku hidup, tetapi bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam Aku. Dan hidupku yang kuhidupi sekarang di dalam daging, adalah hidup oleh iman dalam Anak Allah yang telah mengasihi aku dan menyerahkan diriNya untuk aku. “29

Pemimpin  yang  baru – kehidupan  yang  baru

    Setiap orang yang berjalan dengan iman di dalam pengawasan Roh mempunyai pemimpin yang baru. Tuhan Yesus berkata: “Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.”30 “Sesungguhya jikalau biji gandum tidak jatuh ke dalam tanah dan mati, ia tetap satu biji saja; tetapi jika ia mati, ia akan menghasilkan banyak buah.”31 Jelas sekali, saya tidak dapat mengatur diri saya sendiri dan diatur oleh Roh Kudus pada waktu yang sama. Kristus tidak dapat mengatur apabila Si Aku berkuasa. Oleh sebab itu si Aku saya harus turun takhta. Hal ini termasuk iman. Sebagai pernyataan kemauan saya, didalam doa saya menyerahkan takhta kehidupan saya kepadaNya, dan dengan iman saya menerima anugerah-anugerahNya untuk hidup suci dan menghasilkan buah.

Perintah di dalam Efesus 5:18 diberikan kepada semua orang percaya agar dipenuhi, dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus, terus-menerus, setiap hari sepanjang hidup kita. Danjanji di dalam I Johanes 5: 14,15 diberikan kepada semua orang percaya, bahwa apabila kita berdoa sesuai dengan kehendak Tuhan – Dia -mendengar dan menjawab kita. Jikalau saudara berdoa agar dipenuhi oleh Roh Tuhan, Dia mau mendengar dan menjawab saudara. Dia mau memenuhi saudara.

 

Jangan  bergantung  pada  perasaan/emosi

 Janganlah saudara mengira, bahwa saudara harus mengalami suatu emosi yang hebat atau sesuatu yang dramatis harus terjadi pada saudara. Bagaimana saudara menerima Kristus? Apakah itu karena suatu tekanan emosi yang terdapat dalam diri saudara? Emosi saudara mungkin bisa juga timbul, Tetapi, pada hakekatnya saudara menjadi seorang Kristen, bukan karena perasaan saudara, tetapi karena iman saudara. Karena Alkitab mengatakan: “Sebab kasih-karunia kamu diselamatkan oleh sebab iman. ” 32

Pengalaman di dalam emosi itu merupakan gejaia tambahan yang menyertai pernyataan iman atau suatu tindakan ketaatan. Roh Kudus tidak diberikan kepada kita supaya kita dapat memiliki pengalaman yang besar di dalam emosi kita, tetapi agar kita dapat hidup suci dan menjadi saksisaksi yang berbuah bagi Kristus. Dengan demikian apakah saudara memiliki pengalaman di dalam emosi atau tidak, bukanlah merupakan persoalan pokok.

 

Sudahkah saudara memenuhi syarat-syarat Allah? Apakah saudara lapar dan haus akan kebenaran?33 Apakah saudara benar-benar menginginkan agar dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus? Jika demikian, saya ajak saudara agar menundukkan kepala dan mengucapkan doa iman ini sekarang juga. Mintalah agar Tuhan memenuhi saudara; Tanpa meminta-minta atau membela diri, katakanlah:

“Ya Bapa, saya memerlukan Engkau. Saya mengakui bahwa saya menguasai hidup saya; dan sebagai akibatnya saya telah berdosa kepadaMu. Saya mengucap syukur, karena Engkau telah mengampuni dosa saya melalui kematian Kristus dikayu salib. Sekarang saya mengundang Kristus untuk memimpin takhta kehidupan saya. Penuhilah saya dengan Roh Kudus seperti yang Engkau perintahkan kepada saya, dan seperti yang Engkau janjikan di dalam FirmanMu, bahwa Engkau akan mengerjakannya, apabila saya meminta dengan iman. Saya berdoa ini demi nama Tuhan Yesus Kristus. Sebagai pernyataan dari iman saya, sekarang saya mengucapkan tetima kasih kepadaMu, karena Engkau memenuhi saya dengan RohMu yang kudus dan telah memimpin hidup saya. Amen. “

Jikalau doa ini menyatakan keinginan hati saudara, saudara boleh yakin, bahwa Tuhan telah menjawabnya. Saudara dapat mulai dari saat ini untuk memperoleh sumber kekayaan yang besar dan yang tidak akan kering dari Roh Kudus itu yang dapat memungkinkan saudara untuk hidup suci, dan menceritakan tentang Tuhan Yesus tentang kasih serta pengampunanNya kepada orang-orang lain di manapun juga. Ingatlah, bahwa hal dipenuhi Roh Kudus itu adalah merupakan cara hidup kita. Kita diperintahkan agar selalu dipimpin oleh Roh Kudus. Ucapkanlah syukur kepadaNya atas pemberian RohNya setiap hari dan tetaplah mohon Dia untuk menguasai hidup saudara setiap saat. Inilah warisan saudara sebagai anak Allah.

Dipenuhi untuk bersaksi

 Tujuan yang terutama dari kepenuhan Roh Kudus ialah agar kita menjadi saksisaksi Kristus melalui kehidupan kita dan tutur kata kita. Ingatlah perkataan Tuhan yang terakhir kepada murid-muridnya, dan melalui mereka kepada kita: “Kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksiKu di Yerusalem dan di seluruh tanah Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”34

Menurut pendapat saya, kebangunan rohani yang paling besar sejak Pentakosta, telah dimulai. Berjuta-juta orang Kristen menemukan sumber kuasa yang besar ini, yang mengubah keadaan sejarah dan menggoncangkan kekaisaran Romawi yang kejam itu. Kuasa yang sania pula, kuasa dari Roh Kudus, sedang dinyatakan melalui hidup orang-orang Kristen yang percaya dan patuh dalam generasi kita untuk mengubah dunia ini dan mempercepat penggenapan Amanat Agung dalam generasi kita.

Ingatlah, “Bagaimana Dipenuhi oleh Roh Kudus”adalah sebuah konsep yang dapat disalurkan. Saya menganjurkan supaya saudara mempelajarinya dan mulali mengajarkan kebenaran yang besar ini kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga cakap mengajar orang lain.

(II Timotius 2:2)

 

1. Kisah para Rasul 1:8

2. Johanes14:12,13

3. Matius 4:19

4. Johanes 16: 7,13,14

S. I Korintus 2:10

6. Johanes 16:1-15

7. Johanes 3:5

8. I  Johanes 1:7

9. I  Johanes 1:9

10. Lukas 19:10

11. Johanes  I5: 16

12. Roma 1:17

13. Efesus 5:19

14. Johanes 7:37,38

15. Johanes 7:39

16. Roma 7:15,24

17. Ibrani 11:6

 

 

18. Matius 7:11

19. II  Tawarich 16:9

20. Efesus 2:8,9

21. Kolose 2:6

22. Galatia 3:11

23. Matius 5:6

24. Johanes 14:21

25. I  Johanes 5: 14,15

26. Ibrani 13:5

27. Rorna 8:7

28. Yeremia 17:9

29. Galatia 2: 19b, 20

30. Matius 16:24

31. Johanes 12:24

32. Efesus 2:8

33. Matius 5:6

34. Kisah para Rasul 1:8

 


IV. Mengapa kebanyakan orang Kristen tidak dipenuhi oleh Roh Kudus?
PERTANYAAN-PERTANYAAN UNTUK DIDISKUSIKAN

Baca juga:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *